Zona Diorama

Selamat datang di zona 3, zona yang penuh dengan banyak diorama-diorama peradaban Islam dunia, selain bisa dibuat foto-foto di zona ini menggambarkan aktifitas umat Muslim khususnya Muslim cina untuk melakukan kegiatan berdagang dan juga penyebaran Islam.

1. Diorama perdagangan: Diorama ini menceritakan tentang jenis perdagangan hasil bumi Nusantara. Contoh: rempah-rempah dan buah-buahan. Selain itu, perdagangan merupakan awal dari masuknya Islam di Nusantara.

2. Diorama kapal Cheng Ho: Diorama ini menggambarkan kapal yang biasa dipakai oleh Laksamana Cheng Ho untuk penyebaran agama Islam, dan kapal ini merupakan kapal terbesar di waktu itu. Panjangnya kira-kira 120 meter dan lebarnya adalah 50 meter. Untuk perbandingannya adalah bahwa kapal Cheng Ho 5x lebih besar disbanding kapal Colombus.

Selanjutnya adalah zona 4, zona ini merupakan area terakhir dari Indonesian Islamic Art Museum. Di zona ini menyajikan berbagai repilika peradaban Islam Nusantara.

1. Diorama Keraton Surosowan Banten: Keraton yang dulunya besar dan berjaya, tetapi dikemudian hari keraton ini hangus di runtuhkan oleh Belanda . keraton ini berdiri pada tahun 1552 M dan diruntuhkan pada tahun 1680 M. Dan sekarang, sisa-sisa dari keraton adalah pondasi-pondasi yang sampai sekarang masih diabadikan oleh masyarakat sekitar.

2. Diorama Masjid Agung Banten: Masjid ini dibangun tahun 1566, dengan melibatkan orang Belanda dan juga China. Masjid yang terhitung tua ini sampai sekarang masih ada sehingga menjadi sorotan banyak masyarakat Nusantara khususnya masyarakat sekitar, sehingga cara perawatannya harus extra.

Failed to connect Access denied for user 'islamic_usermuse'@'localhost' (using password: YES)